Headlines News :
Home » » Cara Memperbaiki CPU FAN Atau Kipas Processor Macet

Cara Memperbaiki CPU FAN Atau Kipas Processor Macet

Written By Indahnya Berbagi on Saturday, February 2, 2013 | 1:00 AM

Halo sobat, pada pembahasan kali ini masih tentang tips dan trik komputer dimana kasus yang sering terjadi dari judul diatas bahwa ada beberapa komputer mengalami kerusakan pada cpu fan atau kipas processor macet. Hal tersebut mungkin pernah terjadi pada komputer anda dan pada umumnya PC yang kita miliki. Dimana kerusakan ini bisa saja kipas processor yang mati total atau mungkin hanya karena kipas processor kotor sehingga tidak dapat berputar dengan normal seperti biasanya dan atau putus pada kabel kipas apabila anda sering membongkar pasang dengan tidak benar dan atau kabel yang tersambung pada mainboard tidak terpasang dengan baik.

Untuk melakukan perbaikan pada cpu fan atau kipas processor terlebih dahulu anda harus menganalisa pada beberapa poin yang telah KF jelaskan diatas, sehingga  kipas processor apabila masih dalam keadaan normal dan tidak berputar ketika komputer/PC dihidupkan, coba anda sentuh dengan obeng atau benda apa saja yang bisa digunakan dalam arti membantu putar dan jika kipas processor masih dapat berputar, maka untuk memperbaki anda harus melakukan beberapa trik dibawah ini.
Pertama, sebelum membongkar lakukan beberapa poin diatas dengan cara memerikasa clip sebagia penahan yang tertanam pada tumpuan di mainboard, periksa sambungan kabel cpu fun yang mengarah pada mainboard, lalu jika cpu fan terpasang dengan benar coba cabut cpu fan dari mainboard tersebut dengan hati-hati.
Kedua, cabut kipas dari heatsink / (pendingin).
Ketiga, lepaskan sticker yang terdapat pada kipas secara perlahan dan jangan sampai bekas lem di sticker kena debu sehingga mudah untuk dipasang kembali, maka akan terlihat dengan jelas poros dari kipas.
Keempat, tuangkan/teteskan Oli (sembarang Oli dan bukan Oli bekas) kedalam poros kipas dan sambil putar. Hal ini dimaksudkan agar kotoran atau debu yang menempel dapat bersih kembali pada poros kipas.
Kelima, saya sarankan jika anda punya jarum suntik bekas atau yang masih baru boleh beli ditoko terdekat  di kota anda dan serap kembali Oli yang masih terdapat pada poros kipas dan lap pake kapas atau sembarang kain yang bersih sampai benar-benar kering.
Keenam, yang telah dilakukan pada langkah kedua pasang kembali sticker dan pasang kipas pada heatsink.
Ketujuh, setelah kipas telah terpasang pada heatsink lalu pasang kipas pada tumpuan atau letak di mainboard secara hati-hati, kemudian perhatikan pada bagian clip sebagai penahan pasang dengar benar dan jangan sampai masih ada yang belum terpasang baik karena akan berpengaruh kipas tidak akan berputar dengan normal.
Kedelapan, selesai.
NB : apabila anda tidak tahu atau tidak bisa memperbaiki dalam hal ini, sebaiknya akan lebih bagus dibawah ketempat service komputer dikota anda untuk menganalisa kerusakan yang terjadi.
Semoga artikel yang ini dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkannya. Selamat mencoba.
Sekian dan Terima Kasih. Salam…
Share this article :
 
Support : Website | Editing | Template
Copyright © 2011. Indahnya Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Website Published by Template
Proudly powered by Blogger